Tips Memilih Sepatu Olah Raga yang Benar

 Bagi Anda yang memilih lari sebagai berolahraga untuk membakar kalori, ada satu hal yang utama disiapkan terkecuali pemanasan dan stamina, yakni sepatu. Karena berolahraga ini memercayakan gerakan kaki, Anda mesti memilih sepatu yang nyaman dan aman.

 

Sepatu lari yang baik tak mesti mahal, namun dapat berikan kenyamanan pada kaki dan tak menyebabkan rasa sakit saat, ataupun sesudah lari. Ditulis dari Livestrong, di bawah ini tips memilih sepatu lari yang baik :

 

1. Medan Berlari

Sepatu lari mesti sesuai sama medan dimana Anda lari dan tipe kaki. Sepatu lari yang baik mempunyai pola yang lebar di alas dasarnya. Hal semacam ini untuk menghindar selip atau terpeleset saat melalui medan susah. Sesaat sepatu untuk balap lari di desain lebih enteng dari sepatu lari biasanya. Sepatu balap umumnya juga diperlengkapi shock absorption yang meminimalkan terjadinya desakan terlalu berlebih pada kaki. Sepatu lari yang baik juga tersisa ruangan jarak kosong sekitaran satu inci pada ibu jari dan ujung sepatu.

 

2. Saat Pas Beli Sepatu

Sore atau malam hari jadi saat yang pas untuk memilih sepatu lari. Karena pada beberapa saat itu, ukuran kaki jadi semakin besar. Sesudah sepanjang hari dipakai untuk bekerja, kaki kadang-kadang jadi sedikit bengkak. Hal semacam ini untuk menghadapi supaya kaki tak merasa sakit saat ukurannya jadi membesar saat lari. Gunakan kaus kaki tidak tipis saat coba sepatu dan cobalah kenyamanan nya dengan berkeliling atau jalan-jalan sebentar di sekitaran toko.

 

3. Tali Sepatu

Tali sepatu mesti diikat dengan simpul kuat yg tidak gampang lepas. Namun upayakan ikatannya tidaklah terlalu kencang atau ketat sampai bikin kaki merasa sempit. Hal semacam ini dapat mengacaukan keseimbangan dan kestabilan kaki ataupun badan.

 

4. Saat Ganti Sepatu

Jika sepatu teratur dipakai sehari-hari, baiknya ubah sesudah penggunaan 400 mil, atau sekitaran lima bln. sekali. Jika sol sepatu telah menipis, pecah dibagian tengah sol dan ujung atau belakang sepatu telah robek itu tandanya sepatu Anda harusnya ditukar. Sepatu lari yang rusak tak dapat menyokong badan dan kaki dengan prima lagi. 

Write a comment

Comments: 0